SEO Off Page: Pengertian dan Komponennya
Mungkin diantara Anda yang merasa bahwa upaya SEO On Page seperti optimasi keyword saja sudah cukup.
Kemudian bingung, kenapa website belum juga masuk ke halaman teratas Google? Jika benar, berarti Anda belum memaksimalkan peran Off Page SEO.
SEO Off Page sendiri merupakan sebuah optimasi yang fokus dengan adanya dukungan dari luar untuk website.
Gimana penjelasan lengkapnya? Simak ulasannya berikut.
Apa Itu OFF Page SEO
SEO Off Page merupakan langkah untuk melakukan optimasi SEO yang dilakukan di luar website.
Optimasi bertujuan untuk mendukung upaya SEO On Page yang fokus di perbaikan di faktor internal sebuah website.
Untuk menerapkan teknik SEO Off Page dengan baik, Anda harus memakai berbagai macam platform, seperti forum online, sosial media, sampai dengan website lain.
Pada intinya, SEO Off Page tidak cukup hanya dengan melakukan link building saja.
Off Page Seo Apa Saja
Mungkin diantara banyak yang belum paham, sebenarnya SEO Off Page apa saja? Berikut di bawah ini pembahasan lengkapnya:
1. Link Building
Link building adalah kegiatan untuk memperoleh link dari website lain atau yang biasa disebut dengan backlink.
Backlink sendiri menjadi faktor utama penilaian Google, pasalnya banyaknya link dari berbagai website yang relevan menunjukkan website tersebut merupakan sumber terpercaya.
Namun, faktanya banyaknya suatu backlink di website memang akan menjadikan website bisa masuk ke posisi terbaik di hasil mesin pencarian.
Sebuah website yang berada di rangking pertama, biasanya mempunyai 3,8 kali backlink lebih banyak jika dibandingkan dengan posisi 2 sampai 10.
Akan tetapi, Anda harus memastikan jika setiap backlink Anda berkualitas.
Jika backlink Anda banyak, namun berasal dari website ecek-ecek dan tidak relevan maka Google juga akan menganggap sebagai tindakan spam saja.
2. Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness
EAT adalah salah satu indikator kualitas dari suatu website yang sesuai dengan Search Quality Evaluator.
Dengan EAT, maka Google bisa tahu bagaimana harus mempercayai sebuah website.
Intinya, Google dapat memastikan jika hasil pencarian yang dimunculkan merupakan yang terbaik dan terakurat.
EAT sendiri masuk ke dalam faktor OFF Page SEO yang penting. Pasalnya, Google akan semakin gencar memerangi berita hoax atau informasi yang salah di hasil pencarian.
Selain itu, juga akan memberikan hasil yang cepat namun akurat. Ini adalah nilai jual utama Google.
Apabila Google tidak dapat memenuhinya, maka orang juga akan meninggalkannya dan akan beralih ke mesin pencari lainnya.
3. Brand Mention
Brand mention adalah ketika ada website lain yang menyebutkan brand atau nama website Anda.
Brand mention sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni brand mention dengan link dan brand mention tanpa link.
Kedua jenis brand mention ini sama-sama berdampak positif pada EAT Anda. Akan tetapi, brand mention dengan link jauh lebih baik daripada brand mention tanpa link.
Pasalnya, dengan brand mention dengan link bisa meningkatkan EAT dan bisa memperoleh sumbangan trafik dari website.
4. Local SEO
Jika Anda memiliki website bisnis, maka local SEO dapat Anda manfaatkan sebagai metode optimasi SEO Off Page.
Local SEO merupakan teknik untuk menampilkan bisnis Anda di hasil pencarian lokal Google. Mungkin dari Anda ada yang bertanya, kenapa harus memperhatikan local SEO?
Dengan strategi local SEO maka akan memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda.
Hal ini akan menampilkan nama bisnis secara lengkap dengan alamat dan kontaknya.
Selain itu, local SEO memungkinkan pengunjung memberikan rating di pelayanan atau produk bisnis Anda.
Dengan begitu, Google akan merekomendasikan bisnis Anda ke banyak orang sehingga Anda bisa memperoleh lebih banyak pengunjung.
5. Engagement di Media Sosial
Salah satu praktik konten marketing ternyata dapat berdampak tak langsung ke SEO Off Page.
Terdapat syarat, seperti jumlah komentar dan likes harus tinggi. Menurut beberapa riset, semakin tinggi engagement rate pada post itu, maka semakin tinggi juga ranking Anda di Google.
Ini bisa terjadi karena audiens menganggap kontennya menarik dan bermanfaat sehingga engagement untuk konten akan tinggi.
Kegiatan engagement akan tercatat di algoritma media sosial serta terus mendongkrak konten Anda untuk di promosikan ke pengguna lain. Misalnya melalui feed.
Dengan begitu, bisa meningkatkan popularitas website Anda. Dampaknya, website Anda berpeluang memperoleh brand mention, review dan backlink.
6. Customer Review
Costumer akan lebih gampang percaya dan tertarik untuk membeli suatu produk ketika ada review dari konsumen lain yang sudah membelinya.
Dengan ini, Anda bisa memanfaatkan kolom review dari Google My Business lainnya yang memiliki fitur review.
Jadi pada saat ada pelanggan yang melihat review baik, maka ada peluang untuk mengakses website Anda dan ini adalah salah satu contoh Off Page SEO yang bisa Anda lakukan.
Bagaimana sudah mulai memahami SEO Off Page secara menyeluruh?
Jika masih bingung silahkan tuliskan komentar pada website Cimbsunlife ini.
Terima kasih