SEO Specialist: Pengertian, Skill, Tanggung Jawab & Karirnya

SEO specialist menjadi salah satu profesi yang banyak dicari belakangan ini.

Profesi ini mengandalkan internet serta mesin pencarian dalam proses kerjanya agar bisa berjalan dengan baik.

Menariknya lagi, profesi yang berkaitan dengan internet ini juga selalu dibutuhkan di berbagai sektor perusahaan.

Tanpa terkecuali perusahaan dengan kategori UMKM sampai Startup.

Bagi Anda yang berminat untuk memiliki pekerjaan di bidang SEO, maka profesi ini mungkin bisa menjadi pilihan tepat.

Namun, Anda juga harus menguasai skill dan tanggung jawab apa saja yang dimiliki oleh seorang SEO Specialist tersebut.

Simak sampai akhir pembahasan ya!

Pengertian SEO Specialist?

SEO Specialist

SEO Specialist merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam proses menaikkan peringkat sekaligus visibilitas suatu situs melalui mesin pencarian Google.

Pekerjaan ini berkutat kepada optimasi mesin pencarian demi mendapatkan hasil pemasaran yang lebih baik.

Profesi SEO sebetulnya mempunyai tanggung jawab untuk mengatur berbagai macam strategi konten yang hendak diposting.

Konten-konten tersebut tentunya akan diisi oleh kata kunci maupun frasa-frasa tertentu.

Seorang ahli SEO tentu membutuhkan berbagai macam skill yang harus dikuasai agar mampu menjalankan pekerjaannya dengan baik.

Selain itu, SEO Specialist juga perlu memahami apa saja tanggung jawabnya dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Skill SEO Specialist

Skill SEO Specialist

Saat ingin menjadi seorang pakar SEO, maka sebaiknya Anda harus mempunyai sejumlah skill yang dibutuhkan.

Sebab, pekerjaan ini pun membutuhkan keterampilan dan ilmu tersendiri sehingga tidak sembarang orang bisa menjalankan profesi ini.

Beberapa skill yang harus dikuasai SEO Specialist, diantaranya:

1. Mempunyai Kemampuan Analisa

Seorang ahli SEO tentunya membutuhkan kemampuan analisa yang baik.

Sebab, orang SEO bekerja berdasarkan data, untuk itu Anda bisa belajar SEO lebih mendalam.

Data yang diperoleh nantinya akan dipakai untuk penyusunan strategi SEO kedepannya nanti.

Beberapa data yang dapat digunakan, seperti:

  • Riset kata kunci
  • Data audit SEO
  • Google analytic

2. Mempunyai Kemampuan Mengolah serta Visualisasi Data Secara Baik

Di samping itu, SEO Specialist juga perlu memiliki kemampuan mengolah sekaligus visualisasi data dengan baik.

Jadi, data yang diperoleh nantinya bisa dibuat kesimpulan guna menentukan strategi konten selanjutnya yang lengkap dan informatif.

3. Memiliki Kemampuan dalam Membuat Konten

Konten adalah jiwa dari sebuah website. Apabila website tidak memuat informasi yang sesuai, maka tidak akan ada banyak traffic yang dapat ditarik.

Karena itulah, seorang ahli SEO juga perlu memiliki kemampuan dalam membuat konten, terutama yang bagus dan berkualitas untuk diupload ke website.

4. Mempunyai Technical Skill

Selanjutnya, SEO Specialist juga perlu menguasai technical skill yang bagus.

Misalnya, dalam mendesain website, optimasi website tetapi tidak harus sampai mahir.

Bahkan bisa dilakukan hanya dengan kemampuan dasar website. Ini penting untuk memantau pergerakan traffic website.

5. Mempunyai Kemampuan Komunikasi dan Aktif di Sosial Media

SEO Specialist juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang bagus.

Sebab, Ahli SEO  tentunya akan bekerjasama dengan content writer, web developer hingga customer service.

Di samping itu, pakar SEO juga perlu aktif di sosial media untuk sharing konten yang sudah dibuat.

6. Mengupdate Perkembangan Teknologi

Terakhir, Ahli SEO harus mempunyai skill update setiap perkembangan teknologi.

Hal ini penting untuk mengantisipasi Google yang sering mengubah algoritmanya.

Maka dari itu, seorang ahli SEO perlu update tentang apa saja perubahan algoritma terbaru.

Baca juga: White Hat SEO vs Black Hat SEO, Bagus Mana?

Tanggung Jawab SEO Specialist

Tiap-tiap pekerjaan tentu mempunyai tanggung jawab sendiri-sendiri terkait pekerjaannya tersebut. Tanpa terkecuali SEO Specialist .

Beberapa tanggung jawab SEO Specialist berikut harus benar-benar Anda pahami dengan baik sebelum mengemban pekerjaan tersebut.

  1. Meninjau sekaligus menganalisis situs website klien untuk area mana saja yang perlu dihapus, ditingkatkan maupun direvisi.
  2. Identifikasi kata kunci mana saja yang paling murah namun kuat dan menguntungkan bagi situs klien.
  3. Menyiapkan laporan strategi terperinci.
  4. Jalankan kampanye bayar per klik.
  5. Meningkatkan hasil penelusuran organik dari perusahaan.
  6. Menuliskan berita utama atau fokus berita, body copy hingga website yang efektif.
  7. Memastikan website agar diisi dengan kata kunci yang optimal.
  8. Melaksanakan strategi SEO off-page seperti coding.
  9. Menggunakan tag header yang efektif.
  10. Menuliskan konten SEO yang asli dan bagus untuk blog maupun halaman website.
  11. Menciptakan strategi SEO lanjutan.
  12. Memanfaatkan basic programming serta web design skills guna meningkatkan SEO.
  13. Melakukan evaluasi penawaran produk, kualitas halaman, lalu lintas, desain, konten, keamanan, pilihan pengiriman, opsi pembayaran, pilihan pengiriman, demografi calon pelanggan dan sebagainya.

Karir SEO Specialist

Gaji SEO Specialist

Peluang pekerjaan sebagai ahli atau pakar SEO selalu terbuka. Hal ini karena pakar SEO benar-benar berperan penting bagi sebuah website.

Terutama untuk mereka yang baru memulai merintis bisnis atau startup.

Bukan hanya dapat bekerja di startup saja, namun pakar SEO juga dapat bekerja di perusahaan swasta, agency maupun membuka jasa konsultan SEO sendiri.

Pendapatan dari seorang ahli SEO juga tidak main-main. Gaji SEO specialist mulai dari Rp.5.920.047,00 per bulannya.

Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai SEO Specialist tentu membutuhkan skill yang bagus terlebih dahulu. Tentunya skill yang berkaitan dengan SEO.

Semakin tinggi jam terbang Anda di bidang SEO, maka bisa semakin tinggi pula pendapatan yang diperoleh.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *