Google Ads vs Facebook Ads, Bagus Mana?

Promosi menjadi hal wajib saat Anda memiliki sebuah bisnis atau usaha, dimana Anda bisa memasang iklan di berbagai platform seperti Google Ads atau Facebook Ads.

Namun masih banyak orang yang belum tahu Google Ads vs Facebook Ads lebih bagus yang mana.

Bagi Anda yang juga merasakan hal sama, maka Anda perlu tahu dahulu kelebihan atau kekurangan keduanya.

Barulah Anda bisa memutuskan untuk menggunakan Google Ads atau Facebook Ads sebagai media promosi bisnis Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Iklan di Google Ads

Google Ads

Google Adsseringkali digunakan sebagai media promosi online, karena disini Anda bisa mendapatkan banyak keunggulan dibandingkan platform pengiklanan lainnya.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menyimak kelebihan dan kekurangan mengiklan di Google Ads berikut ini :

  1. Kelebihan Iklan di Google Ads

Banyak orang memilih memasang iklan di Google Ads bukanlah tanpa alasan, melainkan Google Ads sendiri menawarkan berbagai fitur dan kelebihannya.

Bagi Anda yang berencana menggunakan Google Ads, maka Anda bisa menyimak kelebihan platform pengiklanan ini sebagai berikut :

  • Mudah digunakan dan cocok untuk semua jenis bisnis.
  • Harga yang kompetitif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Biaya baru dikenakan saat ada orang klik atau menonton video promosi Anda.
  • Jangkauan iklan yang lebih luas dan multi platform, mulai dari Youtube, Blog, Website, dan lain sebagainya.
  • Adanya target pasar yang jelas dan disesuaikan dengan jenis produk Anda.
  • Penyesuaian pintar banner atau video iklan yang Anda miliki, sehingga terlihat bagus saat ditampilkan oleh Google.
  1. Kekurangan Iklan di Google Ads

Meskipun membawa banyak kelebihan, namun memasang iklan di Google Ads juga memiliki beberapa kekurangan.

Sehingga Anda harus mengantisipasinya agar iklan lebih efektif, kekurangan Google Ads sendiri sebagai berikut :

  • Belum ada penargetan konsumen yang lebih spesifik, seperti usia, jenis kelamin, status, dan lain sebagainya.
  • Terlalu banyak klien yang mengiklan di Google Ads, sehingga efektivitas iklan menjadi berkurang.
  • Banyak kompetitor yang juga menggunakan Google Ads.
  • Syarat dan ketentuan yang terlalu banyak, terutama untuk Anda yang baru menggunakan jasa pengiklanan Google Ads.
  • Metode pembayaran yang masih sangat sedikit.

Kelebihan dan Kekurangan Iklan di Facebook Ads

Facebook Ads

Apabila Anda kurang cocok menggunakan Google Ads, maka Facebook Ads bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun sebelum itu, Anda juga perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Facebook Ads berikut ini :

  1. Kelebihan Iklan di Facebook Ads

Dari segi kelebihan yang dibawanya, Google Ads vs Facebook Ads sama-sama unggul di bidangnya masing-masing.

Dimana Facebook Ads memiliki kelebihan utama di fleksibilitasnya. Untuk lebih lengkapnya berikut kelebihan Facebook Ads untuk kebutuhan bisnis Anda :

  • Mudah digunakan dan friendly untuk usaha yang baru dirintis.
  • Target pasar yang lebih spesifik, seperti usia, jenis kelamin, bahasa, status, hobi, dan lain sebagainya.
  • Produk lebih cepat dikenal orang atau viral, karena penontonnya berasal dari sosial media.
  • Masih minim kompetitor yang memasang iklan di Facebook Ads, sehingga bisa menjadi peluang bagi bisnis baru.
  • Support jenis iklan yang lebih fleksibel, seperti foto, video, artikel, website, banner, dan lain sebagainya.
  1. Kekurangan Iklan di Facebook Ads

Dilihat dari kelebihan yang dimiliki oleh Facebook Ads, pastinya terlihat sangat bagus dan akan membantu perkembangan bisnis Anda.

Namun Anda juga harus tahu beberapa kekurangan dari platform iklan Facebook Ads berikut ini :

  • Biaya atau Harga pasang iklan berdasarkan waktu, sehingga kurang bagus bila dibandingkan Google Ads yang per klik atau per views.
  • Penargetan pasar harus jelas, karena bila salah maka iklan tidak akan efektif.
  • Pangsa pasar tidak seluas yang ada di Google Ads.
  • Tampilan iklan yang masih kurang fleksibel, dimana Anda hanya dapat meletakkan iklan di beranda Facebook.
  • Iklan tidak terlalu terlihat, karena seringkali tertutup oleh postingan pengguna Facebook.

Google Ads vs Facebook Ads, Bagus Mana?

Bila Anda sudah melihat kelebihan dan kekurangan dari kedua platform iklan tersebut, pastinya kini tidak sulit bagi Anda memilih platform iklan yang bagus.

Dimana sebenarnya baik Google Ads atau Facebook Ads sama-sama bagusnya.

Disini Anda hanya perlu menyesuaikan kebutuhan pemasangan iklan yang Anda butuhkan.

Misalnya Anda memiliki usaha atau bisnis makanan dan minuman, maka iklan Facebook lebih tepat karena lebih condong ke arah viral atau dikenal banyak orang dengan cepat.

Namun bila Anda butuh bisnis Anda dikenal orang dalam bentuk profesional, maka Google Ads sangat tepat untuk Anda pilih.

Karena Google Ads lebih condong untuk mengenalkan kualitas atau pelayanan yang diberikannya.

Dapat disimpulkan bahwa iklan yang ada di Google Ads lebih cocok untuk memperkenalkan brand atau namasebuah perusahaan.

Sedangkan Facebook lebih cocok untuk Anda gunakan dalam memperkenalkan atau memasarkan sebuah produk tertentu.

Demikian pembahasan mengenai Google Ads vs Facebook Ads dari cimbsunlife.

Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *